Manfaat Medical Check Up Sebelum Menikah Bagi Wanita, Cek di SehatQ


Ketika akan berumah tangga, wanita seringkali fokus mempersiapkan undangan, riasan, dan pernak-pernik saat pesta. Namun alangkah baiknya seorang calon mempelai juga mempersiapkan fisiknya agar ketika hamil rahimnya dalam keadaan sehat. Ia juga bisa melakukan medical check up sebelum menikah agar mengetahui apakah tubuhnya dalam keadaan bugar.

Lakukan Medical Check Up Sebelum Menikah Karena sangat Bermanfaat bagi Mempelai Wanita, Cek di SehatQ


Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan medical check up sebagai salah satu persiapan sebelum menikah, di antaranya:

1. Mengetahui Penyakit yang ada di Rahim

Saat memeriksakan diri di Rumah Sakit, mintalah sekalian untuk USG. Belum hamil kok sudah ke dokter kandungan? Jangan bingung dulu, karena periksa ke SPOG bukan hanya untuk wanita yang sedang mengandung, melainkan juga bisa menganalisis apakah rahim Anda sehat dan siap untuk hamil.

Saat perut diperiksa dengan gelombang USG, maka akan terlihat bagian dalam rahim. Jika memang ada masalah (misalnya polip, myom, atau penyakit lain), akan segera diatasi oleh dokter. Jadi nanti Anda akan hamil dalam keadaan sehat. Jangan takut atau malu untuk USG, karena demi kesehatan sendiri.

2. Deteksi Dini Kanker atau Tumor

Medical check up sebelum menikah juga bermanfaat agar mendeteksi penyakit seperti tumor atau kanker. Sebagai wanita, Anda wajib waspada akan kanker, terutama di bagian payudara atau rahim. Jika dokter menemukan ada benjolan aneh di ketiak dan disarankan untuk USG mammae, maka lakukan saja. Semoga hasilnya aman.

Kalau ternyata Anda mengidap tumor atau kanker stadium awal, jangan khawatir. Saat ini teknik pengobatan sudah maju, sehingga pasti bisa sembuh. Jangan takut untuk check up ke Rumah Sakit, karena ini juga salah satu cara menjaga kesehatan dan mewaspadai penyakit.

3. Medical Check Up Sebelum Menikah Bermanfaat untuk Mengetahui Apakah Kena Thalassemia

Thalassemia adalah penyakit langka dan berbahaya karena kurangnya sel darah merah (hemoglobin) di dalam tubuh. Sebelum menikah, Anda sebaiknya sekalian cek darah untuk mengetahui apakah punya thalassemia minor. Karena jika pasien thalassemia hamil, kondisinya akan lebih berat. Tes darah bisa dilakukan di lab terkemuka.

4. Mengecek Tensi

Manfaat medical check up sebelum menikah yang selanjutnya adalah mengecek tekanan darah. Jika seorang wanita tekanan darahnya terlalu rendah, biasanya mudah pusing dan ketika berdiri berjam-jam di pelaminan akan mudah lelah. Jadi dokter akan menyarankan untuk minum multivitamin dan memperbaiki pola makan.

Sebaliknya, jika tensi terlalu tinggi juga berbahaya bagi kesehatan calon mempelai wanita. Dokter akan menyarankan diet sehat, misalnya dengan memperbanyak konsumsi air putih, makan buah dan sayuran segar, serta mengurangi asupan garam. Anda juga bisa membeli alat tes tensi yang didapatkan di Toko SehatQ.

5. Mengontrol BMI

BMI atau body mass index adalah cara mengetahui massa tubuh seseorang. Jika Anda memiliki BMI di atas 25 biasanya sudah masuk kategori obesitas. Normalnya adalah 18,5 hingga 24,9. Ketika Anda melakukan medical check up sebelum menikah maka dokter akan menghtungkan BMI-nya.

Jika termasuk obesitas, maka Anda akan disarankan untuk mengubah pola makan dengan mengurangi konsumsi lemak dan gorengan, serta gula. Jika wanita yang hamil obesitas maka akan lebih susah lagi untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan. Jadi, mengetahui BMI sangat penting.

Medical check up sebelum menikah sangat penting dilakukan bagi mempelai wanita. Karena jika ia sehat, akan lebih mudah hamil. Juga untuk mengantisipasi dari penyakit, seperti tumor dan kanker. Lakukan check up di Rumah Sakit terkemuka dan pastikan tubuh Anda benar-benar sehat sebelum jadi pengantin. Dengan SehatQ kamu bisa mendapatkan informasi rumah sakit terdekat untuk melakukan medical check up. Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan ratusan artikel kesehatan terpercaya disana.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Medical Check Up Sebelum Menikah Bagi Wanita, Cek di SehatQ"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel