3 Jenis Kargo yang Tak Banyak Orang Tahu


Berbagai bisnis di berbagai bidang tentu membutuhkan jasa pengiriman. Entah itu, jasa pengiriman biasa atau jasa pengiriman khusus, seperti jasa cargo. Namun, ternyata kargo sendiri juga memiliki beberapa jenis yang sebaiknya diketahui oleh para eksportir atau para pebisnis yang biasanya menggunakan jasa pengiriman.

Dalam jasa pengiriman, biasanya ada beberapa barang yang dikecualikan atau dengan kata lain, barang-barang tersebut hanya bisa dikirim lewat pengiriman kargo, seperti misalnya cairan-cairan kimia. Nah, apa saja jenis kargo yang sebaiknya kamu ketahui?

1. General kargo

General kargo adalah kargo atau barang yang termasuk pada kategori jenis kargo ini pada umumnya memiliki sifat yang tidak membahayakan, tidak mudah rusak, busuk ataupun mati. Jenis barang yang termasuk dalam kategori general kargo ini tidak memerlukan penanganan khusus asalkan persyaratan pengangkutan telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Beberaa tipe barang yang termasuk general kargo ini seperti elektronik, spare part dan lainnya.

2. Special kargo

Spesial kargo adalah jenis kargo yang membutuhkan penanganan tak hanya dalam penerimaan, namun juga dalam penyampaian, atau pengangkutannya. Beberapa jenis spesial kargo yang perlu diketahui adalah:

  • Live Animal (AVI) adalah jenis kargo yang meliputi hewan- hewan hidup yang dikirim melalui pesawat udara seperti anak ayam, kuda, kambing, ikan dan lain sebagainya.
  • Human Remain (HUM) yakni jenis kargo berupa jenazah manusia.


3. Dangerous Cargo

Kargo jenis ini dikhususkan untuk semua barang- barang yang memiliki tingkat resiko tinggi dan sangat berbahaya yang dapat mengakibatkan terganggunya kesehatan dan keselamatan penerbangan. Seperti misalnya, Exsplosive goods (REX) adalah barang-barang berbahaya yang mudah meledak seperti mesiu, peluru, petasan, bom, dam nuklir.

Berbeda jenis kargonya, berbeda pula penanganan yang akan dilakukan. Untuk jenis kargo yang dikhususkan untuk mesin-mesin, seperti mesin purifikasi oli trafo, maka penanganannya juga jelas berbeda. Jadi, pastikan kamu memilih jenis kargo yang tepat sebelum mengirim barang.

Belum ada Komentar untuk "3 Jenis Kargo yang Tak Banyak Orang Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel