Simak Cara Lapor Pajak Melalui DJP Secara Daring


Berbicara mengenai DJP online, pastinya tidak bisa terlepas dengan laporan perpajakan. Seperti yang diketahui jika Direktorat Jendaral Pajak atau DPJ merupakan pemegang otoritas pajak negara di Indonesia. Sebagai warga negara, membayar pajak merupakan kewajiban yang harus di taati. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, sekarang ini DPJ telah menyediakan akses pelaporan pajak secara online dengan aplikasi e-filing.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mempermudah masyarakat di Indonesia dalam membayar pajak. Sehingga seluruh masyarakat menjadi lebih taat dengan prosedur pembayaran secara online yang mudah dan lebih praktis. Apabila Anda masih bingung mengenai cara lapor pajak secara online. Sebaiknya simak ulasan berikut ini mengenai cara lapor pajak melalui DJP secara daring.

Cara Lapor Pajak Melalui DJP Secara Daring

Mulai saat ini membayar pajak sangat mudah, dapat dilakukan secara online dimana saja. Dengan menggunakan e-filling, Anda dapat melaporkan dan membayar pajak secara online. Pertama, hal yang wajib Anda lakukan adalah membuat akun e-filling DJP untuk proses pelaporan pajak. Perlu Anda perhatikan dalam membuat akun harus memiliki EFIN terlebih dahulu. Agar Anda tidak bingung mengenai cara lapor pajak melalui DJP online, simak ulasan berikut ini.

1. Membuat EFIN

Jika Anda ingin membuat EFIN perhatikan beberapa hal berikut ini. Yaitu buka terlebih dahulu website pajak.go.id kemudian unduh formulir pengajuan EFIN. Setelah itu isi formulir tersebut sesuai dengan data diri Anda yang benar. Selanjutnya ajukan aktivasi EFIN ke KPP terdekat dengan membawa KTP, NPWP dan formulir tersebut. Maka Anda akan mendapatkan kertas dari petugas KPP yang berisi EFIN.

2. Registrasi akun di e-filing DJP

Untuk meregistrasi akun e-filing DJP, maka Anda harus mengunjungi website resmi DJP. Dengan mengetikkan alamat website yaitu djponline.pajak.go.id kemudian pilih belum registrasi. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi EFIN, NPWP dan kode keamanan terlebih dahulu. Jika beberapa langkah sebelumnya sudah Anda lakukan, maka klik submit untuk menyelesaikan proses tersebut. Setelah itu Anda akan menerima email untuk mengaktifkan akun tersebut.

3. Lapor Pajak dan Unggah SPT

Selanjutnya merupakan langkah terakhir lapor pajak melalui DJP secara daring. Di sini Anda akan mengisi sebuah laporan secara online dan meng-upload SPT. Dengan cara membuka website resmi DJP, lalu log in ke akun Anda. Setelah itu isi NPWP dan jangan lupa juga isi kode keamanan atau password. Kemudian klik e-filling, lalu klik daftar SPT, maka setelah itu klik buat SPT.

Setelah semua proses ini telah selesai, maka Anda akan menerima email yang merupakan bukti pelaporan SPT tahunan. Jika pelaporan melalui website resmi masih belum praktis, Anda bisa melakukannya melalui aplikasi. Agar Anda tidak bingung dalam melakukan pembukuan perusahaan Anda, sekarang sudah ada aplikasi BukuKas yang siap membantu Anda. Di mana Anda dapat dengan mudah mencatat berbagai transaksi perusahaan, salah satunya laporan piutang. Untuk itu unduh aplikasi BukuKas sekarang juga!

Belum ada Komentar untuk "Simak Cara Lapor Pajak Melalui DJP Secara Daring"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel