Bolehkah Memakai Lidah Buaya Setiap Hari Untuk Rambut


Kandungan nutrisi yang terdapat pada lidah buaya membuat tanaman yang tumbuh liar di negara beriklim tropis ini banyak dimanfaatkan untuk perawatan kulit dan rambut, baik yang sudah dikemas menjadi produk kecantikan ataupun yang bisa Anda olah sendiri. Salah satunya adalah masker lidah buaya rumahan.

Berdasarkan penelitian, lidah buaya kaya akan antioksidan, glukosa, mineral seperti kalsium, magnesium, dan natrium, serta vitamin A, B, C, E, dan folat. Lidah buaya juga mengandung tujuh dari delapan asam amino esensial dan merupakan tanaman yang memiliki sifat antiradang dan antipenuaan alami.

Banyak orang mengoleskan daging buah lidah buaya untuk mengobati beberapa kondisi kulit, seperti luka bakar ringan, kulit terbakar sinar matahari, frostbite (kerusakan pada kulit dan jaringan di bawahnya akibat udara dingin yang ekstrim), psoriasis, dan luka pada bibir akibat virus herpes. Tidak sedikit pula yang menggunakan lidah buaya untuk membantu penyembuhan luka bedah, luka akibat tekanan terus-menerus (bedsores), ketombe, kulit lecet, kulit luka akibat radiasi, kulit kepala bersisik dan kemerahan (seborrhea).

Beberapa bahan kimia dalam lidah buaya diduga dapat meningkatkan sirkulasi pembuluh darah kecil di kulit dan membunuh bakteri atau jamur. Selain itu, lidah buaya mengandung senyawa aktif yang dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan, merangsang pertumbuhan dan perbaikan kulit, dan melembapkan kulit.

Tapi, klaim dan pernyataan tentang berbagai manfaat masker lidah buaya untuk masalah kulit tersebut masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut. Hal ini dikarenakan penelitian klinis yang mengkaji manfaat lidah buaya untuk kesehatan kulit dan rambut masih terbilang sedikit.

Anda dapat membuat masker lidah buaya baik dengan atau tanpa campuran bahan lain. Untuk membuat masker lidah buaya murni untuk rambut caranya sangat mudah, yakni:
  • Cuci bersih lidah buaya.
  • Kupas lidah buaya hingga mendapatkan daging buahnya yang berwarna putih bening.
  • Oleskan lidah buaya pada rambut secara merata dan biarkan hingga mengering.
  • Cuci wajah hingga bersih.

Waktu penggunaan masker lidah buaya cenderung bebas, sebagian orang menggunakannya saat malam hari sebelum tidur, dan dibersihkan pada pagi hari.

Tidak ada komentar untuk "Bolehkah Memakai Lidah Buaya Setiap Hari Untuk Rambut"