Jumat, 30 September 2016

Menguak Ketentuan Kampanye Pilkada 2017

Indonesia akan berpesta demokrasi pada 2017 nanti tepatnya pada 15 Februari 2017.

Ibu Kota DKI Jakarta menjadi salah satu daerah yang akan memimpinnya. Hingga kini sudah ada tiga pasangan Cagub dan Cawagub yang akan bersaing dalam Pilkada 2017 nanti. Banyak yang menduga Pilkada Jakarta akan berlangsung selama dua putaran mengacu pada kekuatan politik dari partai pendukungnya.

Pilkada DKI 2017

Komisi Pemilihan Umum telah mengumumkan beberapa ketentuan yang harus ditaati selama masa kampanye yang berlangsung dari 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017, diantaranya adalah:
  • Kampanye dilaksanakan oleh parpol atau gabungan parpol, pasangan calon dan tim kampanye.
  • Kampanye dilaksanakan dengan beberapa metode seperti pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan dialog, penyebaran bahan kampanye kepada umum, pemasangan alat peraga kampanye, dan kegiatan lain yang tidak melanggar kampanye dan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  • Kampanye dalam bentuk debat, penyebaran bahan kampanye, alat peraga dan iklan di media massa difasilitasi oleh KPU di daerah masing-masing.
  • Kampanye didanai oleh parpol atau gabungan parpol, pasangan calon atau tim kampanye yang menjadi tanggung-jawab parpol atau pasangan calon.
Tidak ada komentar: